4
Skuad Timnas - SURYA
Seputar Timnas - Pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berharap prestasi menawan tim nasional usia di bawah 19 tahun (U-19) terus bertahan hingga putaran final Piala Asia U-19 di Myanmar, 5-22 Oktober 2014. Anggota Komite Eksekutif PSSI, Toni Aprilani, menyatakan perlu ada perhatian khusus untuk menjaga soliditas dan penampilan Evan Dimas cs.

“Kami berencana mengirim timnas U-19 untuk mengikuti kompetisi di luar negeri,” kata Toni di Senayan, Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2013. Toni mengatakan wacana itu terlontar saat PSSI menggelar pertemuan yang diikuti oleh pengurus dan Badan Tim Nasional.

Toni beralasan, dengan mengikuti kompetisi di luar negeri penampilan para pemain Garuda Jaya akan terus terjaga hingga satu tahun ke depan. Melepas para pemain ke masing-masing klub, di mata Toni, akan mengganggu kekompakan tim yang sudah lama terbentuk. “Secara tim mereka sudah utuh. Harapannya agar tidak terpecah oleh klub juga,” kata Toni di Jakarta, kemarin.

Rencana mengirim timnas U-19 mengikuti kompetisi di luar negeri, menurut Toni, merupakan pilihan jangka pendek. Pasalnya, PSSI tidak memiliki kompetisi untuk di bawah usia 19 tahun.

Ia menambahkan, wacana ini juga menjadi salah satu solusi bagi status Evan Dimas yang saat ini memperkuat Persebaya Surabaya 1927. Klub tempat Evan bernaung ini tidak diakui sebagai anggota PSSI. “Artinya pemain U-19 diutamakan untuk bermain bersama timnas dulu daripada klub,” ujar Toni.

Lebih lanjut, PSSI belum menentukan kompetisi luar negeri mana yang akan diikuti. Salah satu negara yang diusulkan oleh Toni ialah Spanyol atau Amerika Latin. “Tetapi kami harus membicarakan dulu dengan pelatih,”ucapnya.

Toni menambahkan, langkah PSSI untuk membawa timnas U-19 ke kompetisi luar negeri perlu mendapat dukungan pemerintah. Toni menyebut setidaknya diperlu dana sebesar Rp 100 miliar untuk melakukan pemusatan latihan atau mengikuti kompetisi di luar negeri.

Pada kesempatan terpisah, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, Djoko Pekik mengatakan bisa saja pemerintah memberikan bantuan namun harus dianggarkan dalam APBN 2014. “Kalau saat ini anggaran sangat terbatas,” ucap Djoko.

Tim nasional Indonesia U-19 lolos ke putaran final Piala Asia setelah meraih posisi teratas klasemen Grup G. Pada tiga kali pertandingan babak kualifikasi, timnas menang 4-0 atas Laos, 2-0 atas Filipina, dan 3-2 atas juara bertahan Korea Selatan.

Tim yang telah lolos ke putaran final ialah Australia, Cina, Indonesia, Iran, Irak, Jepang, Myanmar (tuan rumah otomatis lolos), Oman, Korea Utara, Qatar, Korea Selatan, Thailand, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Vietnam, dan Yaman.[tempo]


Post a Comment Blogger

  1. Wiiih,,!!!!
    Ini bru mantap,!!!!
    Jgn sampai mereka dilepas ke clup indonesia, nanti jadi berantakan,,,,
    Makasi bung toni atas perhatianya,,,,
    Muda2han bisa berjalan dgn lancar,,,
    BRAVO GARUDA JAYA

    ReplyDelete
  2. Jaga kekompakan.
    Yg terpenting jgn trkena pnyakit pngen jd selebritis. Nanti bisa2 berantakan..
    Tetap satu profesi fokuskan ke bola saja. Jgm mudah besar kpala pd saat kita menang. Tetap latihan dan percaya diri.

    ReplyDelete
  3. ane setuju banget sama bung toni >>> secara club di indonesia blon bisa mengembangkan para pemain muda. apa lagi main di spanyol klo ga amerika latin bedeuh paling kaga pemain muda pnya pengalaman amat sangat luar biasa >>>>>>>>> ane sumpahin biar para pemain indonesia bisa seperti mega bintang ( ronaldo,messi,neymar,dll) yg kaga lupa sama kampung halamanya

    ReplyDelete
  4. AYO INDONESIA MENDUNIA..1. SEKOLAHKAN TIMNAS U-19 Ke KLUB ELITE DI EROPA 2. TINGKATKAN MENTAL JUARA 3. VO2 MAX HARUS BAGUS LEBIH DARI 70% 3. OPERAN BOLA HARUS AKURAT, BAIK OPERAN LAMBUNG DAN DATAR 4. PENGUASAAN BOLA HARUS DOMINAN 5. CIPTAKAN BANYAK GOL DAN TANPA KEMASUKAN BOLA. LINI DEPAN, TENGAH, BELAKANG SOLID SELALU.

    ReplyDelete

Isi Komentar diluar tanggung jawab kami

 
Top