Monday, October 28, 2013

Mariando Djonak Uropmabin, Sang Pemain Terbaik Timnas U19 Asal Papua

Mariando Djonak Uropmabin bersama Gavin - HKFA
Seputar Timnas -Mariando Djonak Uropmabin, Pemain Terbaik Timnas U19 Asal Papua Tidak ada anak Papua di Timnas Indonesia U19 saat menjuarai AFF Cup U19 2013 dan berjaya di Kualifikasi AFC Cup U19 2014. 

Namun, sebenarnya Timnas U19 punya talenta berbakat dari tanah Papua. Ia bernama Mariando Djonak Uropmabin yang terpilih menjadi pemain terbaik saat tim Garuda Jaya meraih juara HKFA Youth Invitation Tournament di Hongkong pada awal tahun 2013 lalu.

Saat itu, Mariando Djonak Uropmabin yang masih tergabung di Timnas Indonesia U18 menjadi pemain terbaik HKFA Youth Invitation Tournament 2013 bersama sang kapten Gavin Kwan Adsit. Namun sayang, Mariando Djonak Uropmabin gagal lolos seleksi Timnas Indonesia U19 untuk Kualifikasi AFF Cup U19 2013 karena alasan kesehatan.


Aksi Mariando Djonak Uropmabin saat berhadapan dengan Malayasia di HKFA
Talenta pemain kelahiran Pegunungan Bintang, Papua, tanggal 26 September 1995 in mulai tampak saat memperkuat tim sepakbola Papua di Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2012 silam. Aksinya yang memikat membuat pelatih Indra Sjafri merekrutnya untuk bergabung di skuat Garuda Muda.

Selain di HKFA Youth Invitation Tournament, Mariando Djonak Uropmabin juga memperkuat Timnas Indonesia U18 saat berlaga di sebuah turnamen internasional di Iran di mana Garuda Jaya menghabisi Pakistan dengan skor besar 25-0.

Meskipun tidak berada di skuat Garuda Muda saat menjuarai AFF Cup U19 2013 dan di Kualifikasi AFC Cup U19 2014, namun Mariando Djonak Uropmabin untuk kembali memperkuat Timnas Indonesia U19 masih sangat terbuka.

Bersama Gavin Kwan Adsit, Sabeq Fahmi Fahrezy, dan sejumlah pemain lainnya yang sempat “menghilang”, Mariando Djonak Uropmabin sangat pantas kembali ke pelukan Garuda Jaya.[sidomi]