Monday, October 14, 2013

Lawan China,Timnas Senior Antisipasi Bola Atas

Jacksen F Thiago - NET
Seputar Timnas - Kalah kualitas bukan berarti timnas senior silau dengan kekuatan Tiongkok. Pun demikian ketika mereka harus menjamu tim Negeri Tirai Bambu itu dalam laga tanpa penonton di babak Prakualifikasi Piala Asia 2015, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, besok (15/10). 

Bukan permainan defensif dengan hanya sekedar mempertahankan satu poin yang menjadi bidikan pelatih Jacksen Ferreira Tiago. Lebih dari itu, Boaz Solossa dkk pun bakal bermain lebih agresif.

"Sejauh ini kami tetap akan bermain normal saja, ya seperti gaya tim ini sebelumnya. Dengan dukungan mobilitas pemain yang tinggi, kami ingin bermain lebih agresif," ujar pelatih yang membawa Persipura Jayapura juara Indonesia Super League (ISL) 2013 itu.

Jacksen enggan membeberkan strateginya terkait dari mana serangannya itu akan berasal. Bisa dari kinerja kedua pemain sayapnya, atau bisa juga dari serangan pemain-pemain di lini tengahnya. Menurutnya, untuk formasi yang akan mereka gunakan nanti lebih menyesuaikan keadaan.

Tidak adanya dua nama penyerang Patrich Wanggai dan Serginho Van Dijk dalam komposisi tim sama sekali bukan halangan bagi timnas senior. Pasalnya, mereka masih memiliki bomber ganas seperti top skorer ISL Boaz Solossa, lalu ada juga bomber Semen Padang, Titus Bonai dan juga Greg Nwokolo.

Jacksen sudah mengetahui, permainan Tiongkok berasal dari kelebihan permainan sayap dan umpan terobosannya. Makanya, para penggawa timnas, khususnya yang ada di lini belakang sudah di-drill khusus untuk mematikan kelebihan Tiongkok itu.

"Sejauh ini mereka mampu untuk menerapkannya, semoga itu bisa berulang di pertandingan besok," ungkap pelatih asal Brasil itu.

Lebih lanjut, sekalipun tanpa melakoni satu pun pertandingan uji coba selama training center di Batu, Malang, kemarin, Jacksen tidak mempermasalahkannya. Karena, 11 hari yang mereka jalani di Malang sudah bisa dilalui dengan persiapan yang maksimal. "Dan persiapan ini jauh lebih baik ketimbang sebelum-sebelumnya," imbuhnya.

Sementara itu, sore kemarin, timnas Tiongkok telah melakukan latihan perdananya di lapangan C Kompleks Senayan Jakarta. Hampir sama seperti yang diungkapkan Jacksen, latihan timnas Tiongkok tersebut ternyata lebih difokuskan pada serangan dari sayap dan diakhiri dengan umpan silang di mulut gawang.

Rasanya itu yang akan diandalkan Tiongkok untuk mempermalukan Indonesia di kandangnya sendiri. Sayang, di akhir sesi latihan, karteker pelatih Tiongkok, Fu Bo, enggan memberikan pernyataan kepada media. Dia baru akan menyampaikan persiapan timnya pada sesi latihan resmi hari ini.

Hanya, salah satu penggawanya, Wu Lei, menganggap Indonesia bukan lawan yang mudah untuk ditaklukkan. Secara kualitas, dia menyebut permainan Indonesia harus tetap diwaspadai.

"Kami tahu keunggulan kami ada di postur tubuh, makanya kami akan memanfaatkan bola-bola atas untuk mengalahkan mereka," jelas gelandang berusia 21 tahun yang bermain di Shanghai East Asia itu. (jawapos)

Daftar Pemain Timnas Senior
Jandia Eka
Choirul Huda
I Made Wirawan

Victor Igbonefo
Firdaus Ramadhan
Hasyim Kipuw
Tony Sucipto
Fachrudin
Muhamad Roby
Ruben Sanadi
Yustinus Pae

Raphael Maitimo
Ahmad Jufriyanto
Zulham Zamrun
Ahmad Bustomi
Taufiq
Slamet Nurcahyo
M Nur Iskandar
Juan Revi
Vendry Mofu

Boaz Solossa
Titus Bonai
Greg Nwokolo