Sunday, October 13, 2013

Garuda Jaya Bekuk Sang Juara Bertahan

Evan Dimnas - NET
Seputar Timnas - Indonesia bermain luar biasa di laga terakhir kualifikasi Piala Asia U-19. Menghadapi juara bertahan Korea Selatan (Korsel), Indonesia menang dengan skor 3-2, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Sabtu (12/10) malam. Tiga gol Indonesia diborong Evan Dimas

Setelah sempat tertunda puluhan menit untuk memberi waktu meresapkan air yang menggenangi lapangan, wasit asal Malaysia Mohd Amirul Izwan Bin Yaacob melanjutkan pertandingan dengan status tetap babak pertama, masuk menit 42.

Sebelum penundaan, Indonesia unggul lebih dulu lewat Evan Dimas di menit 29. Namun disamakan Korea dua menit kemudian lewat tendangan penalti Seol Tae Su.

Tak perlu waktu lama bagi kedua kesebelasan untuk melanjutkan tensi panas. Di masa injury time, Indonesia punya peluang emas untuk kembali unggul.

Berawal dari tendangan Hargianto dari luar kotak penalti yang menghantam mistar gawang. Bola rebound sempat menghampiri Maldini, namun buru-buru dibuang pemain belakang Korsel.

Pemain-pemain Indonesia sempat mengklaim tendangan Hargianto sudah melewati garis gawang. Namun wasit tidak sependapat. Indonesia hanya diberi tendangan sudut. Aksi Hargianto mengakhiri babak pertama, skor tetap 1-1.

Indonesia menggebrak lagi di babak kedua. Hanya butuh waktu empat menit bagi Garuda Jaya untuk kembali memimpin.

Berawal dari akselerasi Maldini di sisi kiri pertahanan lawan. Solo run-nya, pamer kelincangan kocekan kaki, pemain asal Sulbar itu mampu menembus kotak penalti Korsel. Aksinya diakhiri umpan matang yang dengan sekali kontrol Evan langsung menghujamkan gol ke gawang Korsel. 2-1 Indonesia memimpin.

Gol kedua Evan dan gemuruh yel-yel penontn kian menambah semangat pemain Indonesia. Menit 53, Muchlis melakukan aksi menawan di kotak penalti lawan. Sayang tendangannya melambung.

Menit 68, Maldini kembali meliuk-liuk di sisi kiri pertahanan Korsel. Maldini lalu melakukan crossing yang sayang gagal disambar Muchlis dengan sempurna.

Sebuah kemelut di pertahanan Indonesia di menit 72 nyaris membuat Korsel menyamakan kedudukan. Beruntung, tendangan Kim Shin melebar tipis.

Korsel kembali nyaris menyamakan kedudukan di menit 82. Hwang Hee Chan yang lolos di kotak penalti Indonesia, melepaskan tendangan yang masih ditahan Ravi. Bola rebound kembali direbut Hwang Hee Chan, beruntung bola melambung.

Evan Dimas melengkapi penampilan cemerlangnya di pertandingan dengan mencetak hat-trick. Berawal dari solo run, Ilham Udin. Bola diarahkan Muchlis yang dengan sekali sentuhan mengarahkan bola ke Evan yang sudah berdiri bebas. Bola matang dihajar Evan, menggetarkan gawang Korsel.

Korsel memperkecil ketertinggalan di menit 88. Namun hingga peluit akhir melengking, Indonesia tetap menang dengan skor 3-2. Berkat kemenangan ini, Indonesia lolos ke Piala Asia sebagai juara grup G. (jawapos)