Wednesday, May 29, 2013

Nasib Wasit Muhaimin, Sudah Dipukul Turun Kasta Pula

Nasib Wasit Muhaimin, Sudah Dipukul Turun Kasta Pula - NET
Seputar Timnas - Muhaimin, wasit yang dipukul oleh striker Persiwa Wamena, Pieter Rumaropen ternyata juga terkena sanksi. Ini terungkap setelah Komisi Wasit menggelar rapat untuk menganalisa keputusan Muhamin di saat Persiwa menghadapi Pelita Bandung Raya (PBR) di putaran pertama Indonesia Super League (ISL) lalu.

Menurut Ketua Komisi Wasit, Robertho Rouw, Muhaimin sudah melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Meski, dia tidak merinci kesalahnnya seperti apa.

"Kalau ada akibat pasti ada sebab bukan? Dia sudah bersalah sehingga memicu pemukulan tersebut," ujar Rouw kepada media, Rabu (29/5/13), seusai menggelar rapat.

Rouw mengatakan, Komisi Wasit saat ini mengistirahatkan Muhaimin untuk sementara. Namun yang pasti, Muhaimin akan diturunkan kastanya menjadi pengadil di laga Divisi Utama, bukan ISL lagi.

"Tapi Muhaimin bisa memimpin laga Divisi Utama setelah membuat surat pernyataan. Selain itu, dia harus kembali mengikuti tes fisik karena saat ini sudah diistirahat," tambahnya.

Muhaimin menjadi wasit kedua yang mendapatkan sanksi dari Komisi Wasit. Sebelumnya, wasit Aeng Suarlan yang divonis sanksi larangan memimpin pertandingan selama semusim. Tapi berdasarkan keputusan komisi wasit teranyar, Aeng akan diturunkan kastanya menjadi pengadil di laga Divisi Utama. "Tapi dia harus tes fisik lagi pastinya," tandas Rouw.

Komisi Wasit kini tengah mendalami laporan kasus wasit Muslimin, yang bertugas memimpin pertandingan lanjutan ISL, antara Persisam Samarinda lawan Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Kutai Kartanegara, Jumat (17/5/13). Ketika itu, pihak Persisam yang takluk dengan skor 1-2, merasa sangat dirugikan dengan keputusan-keputusan yang dikeluarkan Muslimin.

Salah satunya, ketika Muslimin tidak memberikan penalti kepada Persisam pada menit ke-76. Padahal, Bayu Gatra dijegal oleh Dedy Gusmawan di dalam kotak penalti. Skuad besutan Sartono Anwar tersebut, justru hanya mendapatkan tendangan bebas dari luar kotak penalti. "Setiap ada laporan soal wasit pasti akan kami dalami," ungkapnya.[liputan6]