Wednesday, April 17, 2013

RD Janji Bayar Lunas Utang Emas SEA Games

Rahmad Darmawan - NET

Seputar Timnas - Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan (RD) bertekad membayar lunas kegagalannya meraih emas SEA Games 2011 lalu. Dia bertekad membawa Garuda Muda menjadi juara di Myanmar.

Pada SEA Games dua tahun lalu di Jakarta-Palembang, RD sukses mengantar Timnas U-23 Indonesia ke babak final. Sayang, pasukan Garuda Muda takluk pada adu penalti melawan Malaysia di partai pamungkas.

Kemarin, Selasa (16/4/2013) WIB, PSSI menunjuk RD kembali menjadi juru taktik Timnas SEA Games melalui surat bernomor 778/udn/395/IV-2013 tertanggal 16 April 2013, yang ditandatangani oleh Sekjen PSSI Hadiyandra, kepada Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

Dalam mengemban tugasnya, RD dibantu asisten pelath Aji Santoso. RD pun bertekad membayar lunas 'utang' emas dua tahun lalu pada SEA Games XVII/2013 Myanmar Desember nanti.

"Dua tahun lalu nyaris kita mempersembahkan kemenangan. Kita kalah dalam adu penalti. Insya Allah gelar juara saya bayar pada SEA Games kali ini," ungkap RD saat dihubungi wartawan, Rabu (17/4/2013) WIB.

"Untuk memperbaiki itu tentu dibutuhkan banyak uji coba. Dulu (2011) saya menargetkan 16 laga ujicoba dengan format 12 internasional dan empat lokal. Tapi kebalik. Untuk kali ini saya harap PSSI bisa memenuhi target ujicoba tersebut," ia menyambung.

Mengenai kerjasamanya dengan Aji, RD mengatakan mereka sudah membagi tugas, antara lain soal pemilihan pemain.

"Yang pertama kami berdua telah sepakat untuk menentukan daftar nama-nama pemain yang dipanggil. Saya akan memilih pemain dari Liga Super Indonesia (ISL), sedangkan Aji Santoso memilih pemain dari Liga Primer Indonesia (IPL)," demikian RD.

Sebanyak 33 cabang olahraga (Cabor) bakal dipertandingkan pada SEA Games 2013 di Myanmar. Pelaksanaan SEA Games XVII/2013 dihelat pada 11-22 Desember nanti.[inilah]