Okto - KOMPAS

Seputar Timnas - Meski hanya dihadiri oleh enam pemain, latihan Tim Nasional Indonesia BTN di bawah asuhan Luis Manuel Blanco mulai berjalan Jumat (8/3). Enam pemain yang hari ini menjalani latihan adalah Mario Aibekop, Husin J Rahaningmas, Anggi A Yusuf, Raphael Maitimo, Oktovianus Maniani,? dan Diego Michiels.

Latihan dimulai sekitar pukul 16.00 WIB. Pelatih fisik Marcus Conena terlebih dahulu memimpin latihan dengan melakukan latihan fisik ringan. Setelah latihan ringan, baru terlihat Luis Manuel Blanco memberi instruksi.

Pemain sedikit mengalami kesulitan karena Blanco memberi instruksi dengan Bahasa Argentina. Agar pemain paham, Blanco menggunakan jasa translator.

"Sedikit ada kesulitan dengan adanya translator. Tapi apa pun kami harus jalani," kata Diego Michiels , usai mengikuti sesi latihan sore.

Saat ditanya tenyang penilaiannya terhadap Luis Manuel Blanco, Diego enggan memberi komentar banyak. "Saya tidak terlalu banyak tentang Luis Manuel Blanco, saya baru sehari latihan bersama," ujar Diego.

Kendala yang sama juga dialami oleh Oktovianus Maniani. Pemain asal Papua ini mengungkapkan, kendala bahasa tersebut tidak akan berlangsung lama karena sepakbola adalah bahasa universal.

"Kesulitan kita hanya bahasa, tadi ada translator. Tapi saya yakin bisa karena bahasa sepakbola itu satu. Dengan adanya perbedaan bahasa, kita bisa belajar jugalah," ujar Okto seperti dikutip 12pazblogspot.com.

Okto menambahkan, latihan fisik di bawah asuhan Luis Manuel Blanco dirasakan lebih berat. Pemain, kata Okto, dituntut untuk berlari lebih banyak. "Ini lebih berat fisiknya. Setiap latihan kami harus running lebih banyak," ujarnya.

Namun Okto merasa cukup enjoy mengikuti semua instruksi Luis Manuel Blanco. "Saya cukup enjoy, karena ini juga bagus untuk kita," ungkapnya.[bolalob]



 
Top