peserta workshop Macth Commissioner untuk kompetisi IPL  - LIGAPRIMA

Seputar Timnas - Sekitar 40 match commissioner yang akan bertugas di Indonesian Premier League (IPL) dan Divisi Utama (DU) musim kompetisi 2013, mendapat pembekalan selama tiga hari, Senin-Rabu (18-20 Februari 2013). Acara Match Commissioner IPL & DU Meeting 2013 ini digelar di Hotel Prasada Mansion, Jakarta.

Ada beberapa program yang diberikan dalam acara pembekalan tersebut. Di antaranya adalah standar pelaksanaan pertandingan, tugas seorang match commissioner, organisasi pertandingan, media & marketing, manager meeting, pelaporan dan statistik, serta masalah-masalah pertandingan.

“Kita lebih banyak melakukan diskusi dengan para peserta agar mereka bisa lebih paham materi yang diberikan,” ungkap Subramaniam dari Departemen Kompetisi LPIS, Senin (18/2). Match commissioner adalah wakil dari LPIS dalam pertandingan resmi IPL dan DU. Selain memberikan materi-materi yang telah disediakan, para peserta juga mendapatkan materi ujian mengenai semua hal yang diberikan selama pertemuan tiga hari tersebut.

“Manager meeting sebaiknya disarankan untuk digelar siang hari H-1 pertandingan,” demikian ungkap Llano Mahardika dari Departemen Kompetisi LPIS  yang memberikan materi dalam acara tersebut.  Alasannya, biasanya setelah manager meeting  digelar jumpa pers sebelum pertandingan (pre-match press conference) agar memberikan waktu kepada media untuk membuat beritanya.

Di sesi akhir acara ini tiap match commissioner akan mengikuti ujian untuk mengetahui kemampuan dan pengetahuan mereka selama mendapatkan materi pembekalan. Ada sekitar 25 pertanyaan dalam ujian nanti yang diberikan kepada para peserta.[ligaprima]


 
Top